Image of PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATA 
PELAJARAN TATA SURYA DENGAN METODE MARKER BASED 
TRACKING

Skripsi

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN TATA SURYA DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING



Abstrak
Dalam pembelajaran IPA terdapat pelajaran yang di khususkan untuk memahami sistem
tata surya. Pemahaman tata surya diperlukan untuk usia dini agar mereka tahu bagaimana
terjadinya pergantian siang dan malam,memberi tahu ada planet selain bumi yang kita
tinggali. Pada SDN Lembang pembelajaran masih dilakukan secara konvensional, yaitu
menggunakan alat peraga yang berbentuk replika atau tiruan benda tata surya yang dibuat
dengan skala jauh lebih kecil. Alat peraga memiliki peran besar dalam suatu pembelajaran
karena meningkatkan semangat serta antusiame belajar siswa kelas VI, berbagai alat peraga
sudah tersedia disekolah namun sayang siswa tidak bisa belajar menggunakan alat peraga
dirumah disebabkan dengan harganya yang mahal dan bentuk alat peraga yang cenderung
besar dan mengurangi kepraktisannya. Selain untuk inovasi Planetarium dibuat untuk
mempermudah pembelajaran siswa dalam pelajaran IPA khususnya tata surya yang
sekarang sedang sekolah dirumah atau daring. Planetarium adalah sebuah aplikasi
berteknologi Augmented Reality yang dibuat dengan Unity. Cara penggunaannya dengan
memindai sebuah marker atau penanda menggunakan kamera, lalu objek 3D Planet akan
muncul di atas marker atau penanda tersebut. Dengan memakai aplikasi planetarium siswa
kelas VI SDN Lembang terbantu proses pembelajaran daringnya tentang tata surya


Ketersediaan

S02412K062/S1.SI.SKP/2020-2021Sistem InformasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
062/S1.SI.SKP/2021-2022
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail