Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PINJAMAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia)
Abstrak
Penyedia layanan financial technology dalam bentuk aplikasi pinjaman online
dewasa ini kian marak, saling bersaing menarik minat para peminjam atau debitur.
Beberapa aplikasi pinjaman online yang saat ini sudah dikenal masyarakat yaitu
Akulaku dan Kredivo. Dengan maraknya aplikasi pinjaman online masyarakat
menjadi kebingungan dalam mempertimbangkan akan memilih menggunakan
aplikasi pinjaman online mana yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara dua aplikasi pinjaman online
dari segi kegunaan, mengukur dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna
berdasarkan aspek pengalaman pengguna yang menggunakan aplikasi Akulaku
dan Kredivo. Usability testing dengan teknik uji system usability scale (SUS), dan
user experience questionnaire (UEQ) merupakan metode yang digunakan dalam
pengujian ini. Diperoleh rata-rata total skor 59 dari hasil pengujian SUS untuk
aplikasi Akulaku sedangkan untuk aplikasi Kredivo sebesar 56. Hasil uji
menempati level Marginal-Low yang menunjukan kebergunaan dan penerimaan
aplikasi. Penempatan level tersebut menunjukkan bahwa secara sepenuhnya
belum diterima dengan baik sebagai aplikasi pinjaman online. Hasil pengujian
UEQ pada kedua aplikasi menggunakan 6 skala yaitu attractiveness, efficiency,
perspicuity, dependability, stimulation dan novelty diperoleh nilai rata-rata untuk
aplikasi Akulaku sebesar (0.91, 0.39, 0.45, 0.76, 0.74, 0.22), dan untuk Kredivo
(0.69, 0.44, 0.62, 0.07, 0.81, 0,27). Hasil tersebut menempati level normal sesuai
ketentuan UEQ.
Ketersediaan
S02430K | 080/S1.SI.SKP/2021-2022 | Sistem Informasi | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
080/S1.SI.SKP/2021-2022
|
---|---|
Penerbit | : ., 2021/2022 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain