Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DI HOTEL MERCURE BANDUNG NEXA SUPRATMAN
Abstrak
Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman merupakan salah satu hotel yang berada
di Kota Bandung. Jumlah tingkat penghunian kamar pada periode bulan Oktober,
November, dan Desember tahun 2020 cenderung fluktuatif atau tidak stabil. Hal
tersebut diduga disebabkan oleh kualitas pelayanan yang kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas
pelayanan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa
Supratman. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari
populasi 3.497 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear
sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2
dan uji t (uji parsial).
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas
pelayanan dan keputusan menginap tamu masuk ke dalam kategori cukup baik.
Dari hasil pengujian statistik uji R2
kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 58,1%
terhadap keputusan menginap tamu, dan hasil uji t (uji parsial) diperoleh nilai T
hitung sebesar 11,662 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000. Dengan demikian,
dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman.
Ketersediaan
S02580K | 024/S1.STP.SKP/2021-2022 | Manajemen Pariwisata | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
024/S1.STP.SKP/2021-2022
|
---|---|
Penerbit | : ., 2021/2022 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain