Image of PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN 
LOGISTIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN 
EMS KOREA-INDONESIA DI KOTA BANDUNG

Skripsi

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN LOGISTIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN EMS KOREA-INDONESIA DI KOTA BANDUNG



Abstrak

Perkembangan dunia K-pop pada penjualan album semakin pesat yang
berdampak pada jasa logistik internasional EMS Korea-Indonesia. Namun sejak
pandemi Covid-19 penerbangan logistik internasional terbatas sehingga kargo
EMS menjadi terhambat. Sehingga harga pada EMS Korea-Indonesia mengalami
kenaikan harga dan pengiriman menjadi lebih dari estimasi dari biasanya. Sejak
adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Indonesia barang dari EMS
Korea ke Indonesia di penerimaan MPC Pos Indonesia Kota Bandung prosesnya
menjadi lama. Berdasarkan data ketidakpuasan pada EMS Korea-Indonesia
mendapatkan nilai yang rendah, sehingga perlu untuk memperhatikan aspek pada
kepuasan konsumen. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kepuasan
konsumen yaitu harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan pada pengguna jasa EMS Korea-Indonesia di Kota Bandung. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan mengumpulkan kuesioner
dan wawancara dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu
pengguna jasa impor EMS Korea-Indonesia di Pos Indonesia Kota Bandung.
Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Penggunaan data pada
penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis yang digunakannya
yaitu deskriptif dan verifikatif, analisis linear berganda, analisis determinasi, uji
hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga
dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan, maka harga dan kualitas pelayanan terbukti dapat
meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.


Ketersediaan

S02655K016/S1.MJ.SKP/2021-2022ManajemenTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
016/S1.MJ.SKP/2021-2022
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail