Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021
Abstrak
Tujuan utama suatu perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya adalah untuk
memaksimalkan kemakmuran pemilik atau pemegang saham dengan meningkatkan
nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran
Perusahaan dann Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Sumber data pada penelitian ini
adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor
makanan dan minuman yang berdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman
yang berdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling, berdasarkan kriteria sampling telah berhasil
mengumpulkan 13 dari 33 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis
kuantitatif melalui perhitungan pengolahan data menggunakan program SPSS.
Rancangan analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis
verifikatif meliputi uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinearitas,
uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji f.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak terdapat
pengaruh secara signifikan kearah positif terhadap nilai perusahaan dan leverage
memiliki pengaruh secara signifikan kearah negatif terhadap nilai perusahaan. Secara
simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan
terhadap nilai perusahaan.
Ketersediaan
S02743K | 005/S1.AK.SKP/2022-2023 | Akuntansi | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
005/S1.AK.SKP/2022-2023
|
---|---|
Penerbit | : ., 2022/2023 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain