Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA CIKERUH
Abstrak
Dunia sedang mengalami Pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri dirumah. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan salah satu yang terdampak adalah UMKM. Untuk itu diperlukan Strategi Komunikasi untuk bertahan bagi UMKM untuk dapat terus mempertahankan bisnisnya di masa pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan langkah eksploratif dengan teknik observasi lapangan. Hasil penelitian ini dalam mempertahankan suata usaha bukan hanya mencari pelanggan baru akan tetapi pelaku UMKM harus menjaga pelanggan yang sudah ada agar dapat saling percaya dan tidak berpaling ke produk lain dan peneliti merekomendasi strategi komunikasi untuk UMKM berupa melakukan perbaikan kualitas produk dan penambahan layanan serta menjalin dan mengoptimalkan hubungan pemasaran pelanggan.
Ketersediaan
S02880K | 007/S1.KM.SKP/2022-2023 | Ilmu Komunikasi | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
007/S1.KM.SKP/2022-2023
|
---|---|
Penerbit | : ., 2022/2023 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
-
|
Versi lain
Tidak tersedia versi lain