Image of COMMUNITY ENGAGEMENT SUPORTER KLUB 
SEPAK BOLA PERSIB BANDUNG
(Studi Kasus Komunitas Viking Persib Club (VPC) Bandung)

Skripsi

COMMUNITY ENGAGEMENT SUPORTER KLUB SEPAK BOLA PERSIB BANDUNG (Studi Kasus Komunitas Viking Persib Club (VPC) Bandung)



Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran sport public relations
membangun community engagement pada pendukung klub sepak bola Persib
Bandung, dalam hal ini komunitas Viking Persib Club (VPC) Bandung. Komunitas
Viking Persib Club memiliki gaya dan kemampuan solidaritasnya yang cukup tinggi
baik terhadap komunitas mauapun terhadap klub sepak bola Persib Bandung. Fokus
penelitian ini adalah mengenai bagaimana proses bentuk komunikasi yang terjadi di
dalam komunitas Viking Persib Club (VPC) Bandung, selain itu komunitas VPC
merupakan suatu kelompok yang memiliki antusiasme yang cukup tinggi, bagaimana
situasi, peristiwa, dan tindak komunikatif terjadi di dalam kelompok. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menghasilkan data
deskriptif berupa kalimat naratif ataupun lisan dari orang-orang yang diamati.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara,
observasi, dokumentasi, dan pencarian jejaring sosial. Hasil dalam penelitian ini
menunjukan bahwa komunitas memanfaatkan berbagai media digital dalam
membangun komunikasi yang intens dan keterikatan (engagement) di dalam
kelompok, selain itu bentuk komunikasi terjadi dalam bentuk nonformal yaitu jelajah
distrik, tepang sono (temu kangen) dan sosial movement di mana kegiatan tersebut
menjadi faktor keterikatan yang solid di dalam kelompok tersebut


Ketersediaan

S02918K045/S1.KM.SKP/2022-2023Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
045/S1.KM.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail