Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA AGENT VIDEO GAME VALORANT
Abstrak
Permainan dengan menggunakan koneksi internet dikenal dengan istilah game
online. Valorant adalah game fps yang dirilis pada tahun 2020. Karakter didalam
game ini memiliki kemampuan tertentu disetiap pertandingan/kompetisi.
pengelompokan di setiap agent/character diperlukan untuk evaluasi petandingan
dalam pemilihan dalam pemilihan agent untuk event turnamen yang akan datang.
Pada penelitian ini membahas tentang penerapan algoritma K-Means Clustering
dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai Agent/Character mana yang
paling banyak dimainkan dalam pertandingan Valorant Champions Tour Indonesia
Stage 1 : Challengers Dataset ini diambil langsung melalui halaman situs Valorant
esport coverage d jumlah data sebanyak 36 record, terdri dari 5 variabel atau atribut
yaitu Nama team, Duelist, Initiator, Controller, Sentinel. K- Means merupakan
salah satu algoritma yang paling populer karena mudah dan sederhana ketika
diimplementasikan. Proses cluster dibagi kedalam 2 (dua) cluster yaitu cluster
rating tertinggi dan cluster rating terendah Sehingga diperoleh hasil
pengelompokkan data Agent/Character mana yang paling banyak dimainkan
cluster tertinggi terdiri dari Duelist sebanyak 148 pertandingan, Initiator sebanyak
143 pertandingan. Sedangkan cluster terendah terdiri dari Initiator sebanyak 126
pertandingan, Controller sebanyak 101 pertandingan
Ketersediaan
S03014K | 021/S1.TI.SKP/2022-2023 | Teknik Informatika | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
021/S1.TI.SKP/2022-2023
|
---|---|
Penerbit | : ., 2022/2023 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain