Image of APLIKASI GAME KENDANG SUNDA MENGGUNAKAN
HTML5 CANVAS DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

Skripsi

APLIKASI GAME KENDANG SUNDA MENGGUNAKAN HTML5 CANVAS DI SAUNG ANGKLUNG UDJO



Abstrak

Sanggar yang menjadi wadah dalam mempelajari alat musik seperti Kendang Sunda
yaitu Saung Angklung Udjo (SAU) di Kota Bandung. Tidak banyak pengendang
dari kalangan anak muda yang harusya bisa meneruskan adat budaya daerah seperti
alat musik daerah. Semakin kurangnya penerus maka adat budaya akan semakin
memudar dan terasa asing bagi kalangan masyarakat dan tidak dikenal oleh
masyarakat di kalangan luar adat tersebut. Padahal seharusnya alat musik Kendang
ini tidak hanya digunakan khusus untuk acara adat atau khusus untuk adat itu
sendiri, melainkan bisa digunakan untuk melengkapi alat-alat musik lain yang
merambah lebih modern. Salah satu upaya pelestarian alat musik Kendang Sunda
yaitu dimulai dengan mengenal budaya kita sendiri melalui media pengenalan alat
musik tradisional yang diterapkan pada suatu game. Pada penelitian digunakan
library HTML5 Canvas dalam membangun game Kendang Sunda jenis ritme. Hasil
pembuatan aplikasi game Kendang membantu dalam melestarikan alat musik
tradisional Sunda agar bisa merambah ke dunia musik yang lebih modern. Game
jenis ritme ini disajikan fitur yang bisa dilakukan kustomisasi untuk mengganti
musik sesuai selera agar Kendang ini bisa berperan di berbagai jenis musik dan tidak
hanya di gunakan dalam adat atau acara adat sunda.


Ketersediaan

S03016K023/S1.TI.SKP/2022-2023Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
023/S1.TI.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail