Image of PERANCANGAN GAME TRIVIA BUDAYA SUNDA MENGGUNAKAN 
SCIRRA CONSTRUCT 2 BERBASIS APLIKASI ANDROID

Skripsi

PERANCANGAN GAME TRIVIA BUDAYA SUNDA MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2 BERBASIS APLIKASI ANDROID



Abstrak

Realisasi pelestarian nilai dan budaya Sunda bagi generasi muda di sekolah
dapat menjadi salah satu bentuk upaya yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik
dan lembaga pendidikan agar kearifan budaya lokal yang ada dapat tetap terjaga
eksistensinya. Realisasi pelestarian nilai dan budaya Sunda sudah diterapkan oleh
tenaga pendidik di SMA Negeri 6 Garut. Sekolah ini memiliki ekstrakurikuler
sanggar seni teater bernama Seni Rupa Dua Tarogong (SERDUT) dengan kegiatan
pagelaran seni rupa, pentas budaya, kearifan lokal, dan sebagainya. Di sekolah
tersebut dikenalkan sastra Sunda pada mata pelajaran Bahasa Sunda. Namun
penyampaian materi budaya Sunda oleh guru mata pelajaran tersebut terkesan
monoton dan kurang sesuai dengan generasi muda zaman sekarang. Akibatnya para
siswa kurang tertarik mempelajari budaya Sunda dan lebih tertarik mengeksplorasi
budaya luar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game edukatif jenis
trivia yang berfokus pada “Kebudayaan Sunda” berbasis Android menggunakan
Construct 2 dengan metode ADDIE. Hasilnya game trivia budaya cukup membantu
proses pembelajaran guru dan siswa sebagai metode pembelajaran baru. Game
edukatif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Sunda yang
mengembangkan kreativitas anak-anak untuk belajar sambil bermain.


Ketersediaan

S03026K033/S1.TI.SKP/2022-2023Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
033/S1.TI.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail