Image of PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus di SMK Samudera Buana Langkaplancar Kab. Pangandaran)

Tesis

PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus di SMK Samudera Buana Langkaplancar Kab. Pangandaran)



Abstrak

Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran ke dalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Untuk meningkatkan profesionalisme gurumaka perlu diadakan supervisi oleh kepala sekolah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menjadikanya sebuah penelitian sebagai tugas akhir dengan judul “Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisitas Guru (StudiKasus di SMK Samudera Buana Langkaplancar Pangandaran). Penelitian ini dalam rumusan masalah akan dibahas mengenai pelaksanaan dan hasil supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK Samudera Buana Langkaplancar Pangandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research. Lokasi penelitian ini adalah SMK Samudera Buana Langkaplancar Pangandaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, Pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMK samudera Buana Lankaplancar Pangandaran melalui tiga tahap yaitu pada perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. Adapun pendekatan supervisi yang digunakan adalah pendekatan langsung dan tidak langsung namun pendekatannya lebih dekat dengan pendekatan supervisi manusiawi. Sedangkan teknik yang digunakan adalah dua teknik yaitu teknik individual yang meliputi kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan pribadi dan menilai sendiri, dan belum menerapkan kunjungan guru antar kelas Dan teknik kelompok meliputi rapat guru, diskusi, seminar, workshop dan organisasi jabatan.dan belum menerapkan tukar menukar pengalaman antar guru, diskusi panel, perpustakaan jabatan, dan simposium. Hasil supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMK Samudera Buana Langkaplancar Pangandaran adalah mampu meningkatkan profesionalisme guru pada kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.


Ketersediaan

T00118S031/S2.MM.TESIS/2020Manajemen S2Tersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
031/S2.MM.TESIS/2020
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail