Image of STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS KINERJA PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH  KABUPATEN BANDUNG BARAT
(Studi Kasus Di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung Barat)

Tesis

STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS KINERJA PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG BARAT (Studi Kasus Di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung Barat)



Abstrak

Perubahan adalah sesuatu yang harus dilakukan dalam menyikapi perkembangan global, maka Pegawai di era Revolusi Industri 4.0, tidak lagi hanya bersikap statis tetapi dinamis. Revolusi Industri 4.0, telah mengubah cara kerja manusia menjadi otomatisasi / digitalisasi melalui inovasi-inovasi. Dalam pelaksanaan tugas sehari – hari di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat Berdasarkan pengamatan ternyata sikap kurang/tidak disiplin masih terlihat di kalangan aparatur sipil negara sebagaimana ditunjukkan dengan beberapa perilaku seperti : datang ke kantor tidak tepat waktu, tidak teliti dalam bekerja, etos kerja rendah menyebabkan pegawai bolos kerja, serta tidak ada kesadaran diri sebagai pegawai yang berperan melayani anggota DPRD. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak bisa dilepaskan dari sebuah organisasi baik intitusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan institusi maupun perusahaan. Pada hakikatnya SDM berupa manusia yang dipekerjakan disebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan ogranisasi itu. Tujuan tidak akan terwujud tanpa peran aktif pegawai walaupun alat –alat yang di miliki perusahaanya begitu canggih.,begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sumber daya manusia ini harus dikelola dengan baik agar bakat dan kemampuannya dapat bermanfaat secara utuh, maksimal dan tepat sasaran melalui metode – metode dan sistem yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis bagaimana kualitas kinerja, strategi peningkatan kualitas kinerja dan kepuasan anggota DPRD terhadap kinerja dan pelayanan aparatur sipil negara di kantor sekretariat DPRD Kabupaten Bandung Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan focus grop discussion. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas kinerja pelayanan aparatur sipil negara dilingkungan kantor sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah masih rendah sehingga hasilnya belum optimal.


Ketersediaan

T00122S035/S2.MM.TESIS/2020Manajemen S2Tersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
035/S2.MM.TESIS/2020
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail