Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
ANALISIS POLA PERILAKU BERMEDIA SOSIAL NETIZEN INDONESIA TERHADAP PEMBERITAAN VIRAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS SURVEY MICROSOFT TERKAIT NETIZEN INDONESIA PALING TIDAK SOPAN SE-ASEAN)
Abstrak
Artikel ini membahas tentang perilaku netizen di Indonesia dalam menyikapi
pemberitaan viral di media sosial. Adapun Objek yang dianalisis adalah pola
perilaku netizen Indonesia dalam merespon pemberitaan yang viral di media sosial.
Tujuan penulisan artikel yaitu untuk mengetahui pola perilaku dan karateristik
pengguna sosial media di Indonesia dalam merespon atau menaruh perhatian pada
suatu pemberitaan viral yang ada di media sosial. Artikel ini merupakan hasil
penelitian yang dilakukan di media sosial dengan melibatkan beberapa orang yang
ahli dan berkompetensi dalam bidang masalah yang sedang diteliti dengan
menggunakan teknik purposif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara
secara virtual dengan memanfaatkan media sosial, dikarenakan sedang dalam masa
pandemi membuat proses pengambilan data hanya dilakukan online. Peneliti
menemukan hasil terkait pola perilaku netizen Indonesia yang dibagi menjadi dua
kriteria karakter perilaku, yaitu perilaku negatif dan perilaku positif. Perilaku positf
dan negatif menyikapi pemberitaan viral di media sosial mencerminkan
karakteristik (1) Pengguna sosial media yang berperilaku dominan di media sosial
dan (2) Pengguna sosial media yang berprilaku dominan di dunia nyata.
Ketersediaan
S02585K | 006/S1.KM.SKP/2021-2022 | Ilmu Komunikasi | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
006/S1.KM.SKP/2021-2022
|
---|---|
Penerbit | : ., 2021/2022 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain